Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Irrfan Khan: Bintang Bollywood yang dicintai Hollywood

Aktor Bollywood Irrfan Khan telah meninggal pada usia 53 tahun. Di sini penulis biografi Aseem Chhabra memetakan bagaimana aktor tersebut juga naik menjadi salah satu bintang terbesar di Barat.

Pada 2007, Irrfan datang ke New York untuk mempromosikan A Mighty Heart karya Michael Winterbottom, sebuah investigasi terhadap penculikan dan pembunuhan koresponden Wall Street Journal di Asia Selatan Daniel Pearl.


Di tengah-tengah wawancara dengan dia dan lawan mainnya, termasuk Angelina Jolie, Irrfan menarik saya ke samping dan berbicara kepada saya dalam bahasa Hindi.

Dia bertanya apakah ada sesuatu yang terjadi - apakah orang mengenalnya dan apakah dia memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan di Barat.

A Mighty Heart adalah proyek internasional kedua Irrfan. Film pertamanya, The Namesake (2006) karya Mira Nair - sebuah cerita tentang imigran India-Amerika yang dibiayai oleh studio Hollywood - masih diputar di beberapa bioskop di New York dan di tempat lain.

Ya, pasti ada sesuatu yang pasti terjadi, saya memberi tahu Irrfan.

Saya tidak tahu ada aktor Bollywood lain yang memiliki dua film yang diputar di bioskop AS pada saat yang sama. Dan kemudian pada tahun itu, Irrfan kembali lagi, memainkan peran pendukung kecil di Wes Anderson's The Darjeeling Limited.

Irrfan Khan dilatih sebagai aktor teater di Sekolah Drama Nasional India yang bergengsi, tetapi kemudian berjuang bekerja sebagai aktor televisi.

Istirahat besar pertamanya adalah di film India British pembuat film Asif Kapadia The Warrior (2001). Film pemenang Bafta disajikan di bioskop dengan dukungan dari pembuat film, Anthony Minghella.

Pada 2007, Irrfan sudah menjadi bintang di Bollywood, industri film India di India. Dia tidak harus mengambil proyek di luar India, tetapi sebagai aktor dia selalu mencari untuk menghadapi tantangan baru.

Kesempatan besarnya datang tahun depan - film hit Danny Boyle yang tak terduga, Slumdog Millionaire.

Slumdog membuat bintang-bintang semasa muda untuk memimpin - Freida Pinto dan Dev Patel. Tapi itu juga membuka pintu bagi Irrfan. Dia berhasil mendapatkan agen dan manajer di AS dan tidak ada jalan untuk kembali.

Segera ia mendaratkan proyek tiket besar - The Amazing Spider-Man (2012), meskipun perannya agak kecil, Inferno (2016) dan bahkan Jurassic World (2015).

Ada cerita yang disampaikan Irrfan kepada pers saat mempromosikan Jurassic World. Ketika Jurassic Park asli dibuka pada tahun 1993, Irrfan adalah aktor televisi yang berjuang di Bombay (sekarang Mumbai). Dia tidak mampu membeli tiket untuk menonton film.

Sekitar 22 tahun kemudian ia memainkan peran kunci dalam film waralaba yang kemudian menghasilkan $ 1,7 miliar (£ 1,4 miliar) di seluruh dunia. Irrfan tiba-tiba menjadi aktor India paling sukses untuk tampil dalam film Hollywood.

Tetapi terlepas dari proyek-proyek besar lainnya di Barat - ia memainkan peran kunci dalam Ang Lee's Life of Pi (2012) - Irrfan harus membuat keputusan yang sulit, apakah akan menerima film-film Hollywood besar atau bekerja pada yang lebih kecil tapi bergengsi di India.

Masalah itu muncul beberapa kali.

Pada 2015 ia mengatakan tidak untuk mengerjakan The Martian karya Ridley Scott, alih-alih memilih kisah cinta yang menawan, Piku, bertempat di Delhi dan Kolkata (Kalkuta).

"Dia dalam dua pikiran tentang apa yang harus dilakukan, dan dia terus bertanya kepada saya," direktur Piku Shoojit Sircar mengatakan kepada saya ketika saya mewawancarainya untuk biografi Irrfan.

"Aku sedang berpikir, mungkin untuknya, siapa Shoojit Sircar? Dia bukan siapa-siapa dibandingkan dengan sutradara Hollywood."

Irrfan juga mengatakan tidak kepada Ridley Scott's Body of Lies (2008). Dan penyesalan terbesarnya adalah kehilangan Christopher Nolan's Intersteller (2014), karena proyeknya yang lebih kecil yang berbasis di India The Lunchbox ditembak pada saat yang sama.

Ini adalah tanda bintang Irrfan menjadi, terutama setelah Slumdog Millionaire.

Dia bisa saja mengikuti proyek A-list itu, tetapi pada 2018 dia berakting di indie Amerika pertamanya, sebuah film kecil manis berjudul Puzzle di mana dia memerankan seorang pria kaya yang eksentrik, bersama Kelly Macdonald.

Dunia baru saja membuka diri untuk Irrfan dan dia berusia awal 50-an. Kemudian pada musim semi tahun 2018 ia mengungkapkan bahwa ia menderita tumor neuroendokrin. Segera dia pergi ke London untuk berobat.

Dalam dua tahun perjuangan dan pengobatan kanker, Irrfan mampu menyelesaikan satu film berbahasa India Angrezi Medium (2020).

Ada begitu banyak janji, begitu banyak peran yang harus dimainkan. Untungnya, ia telah meninggalkan banyak harta karun film yang bisa ditonton penggemarnya.

Berlangganan via Email